Sabtu, 23 November 2013

Tentang Olahraga Hockey



Hockey adalah olahraga permainan yang dilakukan oleh pria dan wanita dengan menggunakan alat pemukul (stick) dan bola. Bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola. didaerah eropa, asia dan amerika hockey adalah permainan yang cukup populer, diberbagai Negara hockey adalah cabang olahraga yang diutamakan dalam kejuaran – kejuaran games layaknya seperti sepak bola. Hockey sendiri memiliki sejarah yang cukup panjang. Namun di Indonesia hockey merupakan salah satu olahraga yang kurang populer, dikarenakan kurangnya sepengetahuan masyarakat tentang olaharaga hockey. hockey dibagi menjadi 3 jenis, ada hockey field, hockey indoor dan hockey ice.
Berikut ini tentang hockey dari jenis – jenisnya:
1.      Hockey lapangan (field hockey)
Hockey lapangan adalah permainan hockey yang dimainkan dengan menggunakan bola di atas lapangan atau rumput, atau lapangan rumput sintetis. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama negara-negara di Eropa, India, Pakistan, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Asia Selatan. Di Amerika Serikat dan Kanada, olahraga ini sangat menonjol dimainkan oleh wanita.
2.   Hockey ruangan (indoor hockey)
Hockey ruangan adalah permainan hockey yang dimainkan dengan menggunakan bola di dalam ruangan tertutup. Permainan ini dimainkan oleh pria dan wanita di sejumlah negara-negara di dunia, terutama negara-negara di Eropa, India, Pakistan, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Asia Selatan.
3.   Hockey es (ice hockey)
Hockey es adalah olahraga beregu yang dimainkan di atas es. Bentuk permainan hampir sama dengan sepak bola. Pemain mengenakan sepatu skating sehingga dapat bergerak dengan cepat di atas permukaan es. Bola hockey es (disebut puck) berbentuk cakram dari karet. Stik hockey digunakan untuk memukul atau mengoper bola di permukaan es. Skor dicetak dengan memasukkan bola ke dalam jaring; penjaga gawang berusaha mencegah masuknya bola. Ketika diturunkan bertanding, satu regu terdiri dari enam pemain; jumlah anggota dalam satu regu lebih dari 20 orang. Ketika seorang pemain melakukan pelanggaran, wasit memberi hukuman. Pemain yang bersalah diminta menunggu untuk sementara waktu di "bilik penalti", dan regunya harus meneruskan permainan hanya dengan 5 pemain. Hockey es sangat terkenal dan disukai orang di negara-negara yang cukup dingin hingga terbentuk lapisan es di lapangan terbuka, misalnya di Kanada, Rusia, Swedia, Finlandia, Republik Ceko, Amerika Serikat bagian utara, Latvia, dan Slovakia. Setelah adanya arena es dalam ruang, hockey es telah menjadi olahraga favorit sepanjang tahun.
Pada kenyataannya hockey cukup populer dikalangan benua eropa, afrika, amerika, dan asia namun pada beberapa negara hockey jarang ada yang mengetahui karena hanya even olahraga yang terkadang diadakan oleh komite olahraga, maka dari itu kita tingkatkan kecintaan terhadap olahraga hockey agar menjadi even olahraga yang meriah pada kejuaraan nasional atau tingkat nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar